Untuk Ramadan dan Lebaran, BI Siapkan Rp 152,14 Triliun

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Bank Indonesia ( BI ) telah menyiapkan uang untuk kebutuhan Ramahan dan lebaran sebanyak Rp 152,14 triliun. Selain itu BI juga memastikan uang kuartal akan tersedia.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI , Marlison Hakim mengatakan, penyediaan uang kartal ini meningkat 39,33 persen dari tahun 2020. Adapun dari Rp 152,14 triliun terdiri dari 90,07 persen uang pecahan besar seperti Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu sebesar Rp 137 triliun, sementara sisanya Rp 15,2 triliun atau 9,93 persen merupakan uang pecahan kecil, Rp 20 ribu ke bawah.

baca juga: Pelataran Masjid Raya Sumbar Banyak Dikunjungi Wisatawan Untuk Berfoto, Pengurus: Masjid Bukan Tempat Wisata

" BI menyiapkan proyeksi tahun ini uang kartal dan koin Rp 152,14 triliun untuk seluruh Indonesia. Uang ini penyiapan uang untuk kebutuhan ramadhan dan lebaran ," ujar Marlison dalam konferesi pers secara virtual, Rabu (14/4/2021) dilansir dari Suara.com.

Menurut Marlison, terdapat empat alasan yang membuat penyediaan uang untuk Ramadhan dan Lebaran tahun ini naik. Pertama, adanya perbaikan asumsi makro perekonomian Indonesia yang mana banyak masyarakat membutuhkan uang kartal. Kemudian kedua, adanya kebijakan pemerintah yang mempercepat penyaluran bantuan sosial pada momen Ramadhan ini.

baca juga: Lokasi Wisata Ditutup, Pelataran Masjid Raya Sumbar Jadi Tujuan Wisatawan

"Selanjutnya ketiga, adanya vaksinasi yang pengarungi tingkat mobilisasi masyarakat. Dan terakhir keempat, adanya larangan mudik lebaran ," ucap Marlison.

Marlison memprediksi pada tahun ini perputaran uang kartal bakal terpusat di wilayah Jabodebek."Perputaran uang kartal terpusat di Jabodebek. Sedangkan, kebutuhan tertinggi di Jawa Timur dan terendah di Papua Barat," pungkasnya.

baca juga: Lebihi Batas 50 Persen Pengunjung, Satgas Covid Ancam Tutup Tempat Wisata

Editor: Ramadhani