Sempat Dibuka Melemah, IHSG Berbalik Menguat

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) pada pembukaan perdagangan hari ini dibuka turun tipis ke level 6.035 setelah pada perdagangan kemarin ditutup menguat di level 6.036.

Melansir data RTI, Kamis (8/4/2021) IHSG diawal pra perdagangan turun tipis 1,5 basis poin ke level 6.035 atau melemah 0,03 persen.

baca juga: Mengenal MetaTrader 4 Di Malaysia Pada Tahun 2021

Sementara itu indeks LQ45 juga dibuka merah, pada awal pra perdagangan indeks ini turun 0,1 basis poin atau melemah 0,02 persen menuju level 903.

Setelah dibuka tepat pukul 09:00 Wib, IHSG berbalik arah dengan kembali ke zona hijau, dengan menguat 8,4 basis poin atau 0,14 persen ke level 6.045.

baca juga: Nonaktifkan 21.156 Juta Data Ganda Penerima Bantuan, Kemensos Buka Data Baru

Pada level tersebut IHSG telah ditransaksikan sebanyak 17 juta lembar saham dengan nilai mencapai Rp 65 miliar dan volume transaksi mencapai 3 ribu kali.

Sebanyak 126 saham menguat, 38 saham melemah dan 178 saham belum ditransaksikan.

baca juga: Seminggu Ramadan, Petani Pinang Girang Karena Harga Melambung

Meski dibuka melemah, CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pergerakan IHSG terlihat masih berpeluang berada dalam rentang konsolidasi wajar.

"Apabila IHSG mampu menembus resisten level terdekat, maka masih berpotensi untuk melanjutkan kenaikan jangka pendeknya," kata William dalam analisanya.

baca juga: Harga Emas Dunia Naik Lagi, Tertinggi dalam 2 Bulan

Menurut dia hingga saat ini, kondisi perekonomian Indonesia berada dalam kondisi stabil yang terlihat dari data perekonomian yang telah terlansir.

Selain itu rilisnya kinerja beberapa emiten yang akan turut mewarnai pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

"Hari ini, IHSG masih berpotensi bergerak pada zona hijau," katanya.

Ia memperkirakan, indeks harga saham hari ini akan bergerak di rentang level support resistence 5.827-6.088.

Editor: Eko Fajri