Harga Emas Dunia Bergerak Stabil

Emas
Emas (net)

KLIKPOSITIF - Harga emas dunia berada pada posisi yang cenderung stabil. Dilansir dari CNBC, Kamis (14/1/2021) harga emas di pasar spot sedikit berubah menjadi 1.854,84 dolar AS per ounce.

Sementara, emas berjangka Amerika Serikat ditutup naik 0,6 persen menjadi 1.854,90 dolar AS per ounce. Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan, indeks harga konsumen naik 0,4 persen bulan lalu setelah menguat 0,2 persen pada November.

baca juga: Emas Dunia Terus Tertekan Akibat Penguatan Dolar

Emas umumnya dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang yang dapat dihasilkan dari stimulus yang meluas. Namun, imbal hasil obligasi yang lebih tinggi menantang status itu baru-baru ini karena meningkatkan opportunity cost untuk memegang emas yang tidak memberikan bunga.

Presiden terpilih AS Joe Biden mengatakan akan merilis rencana untuk memberikan dukungan triliunan dolar bagi ekonomi Amerika saat negara itu bergulat dengan krisis virus corona.

baca juga: Rupiah Masih Dibuka Melemah di Awal Maret Ini

Logam mulia lainnya, perak turun 0,5 persen menjadi 25,45 dolar AS per ounce, platinum melonjak 2,2 persen menjadi 1.099,55 dolar AS per ounce dan paladium naik 0,2 persen menjadi 2.396,71 dolar AS per ounce.

Editor: Ramadhani