Harga Minyak Dunia Terus Melejit

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Harga minyak dunia masih mengalami kenaikan. Pada perdagangan akhir pekan lalu,meski demikian tren harga minyak duniabergerak variatif.

Dilansir dari CNBC, Senin (30/11/2020) harga minyak mentah Brent naik 19 sen ke harga 47,99 dollar AS per barel dan kontrak Februari yang lebih aktif naik 24 sen menjadi 48,03 dollar AS. Sedangkan minyak West Texas Intermediate (WTI) turun 40 sen menjadi 45,32 dollar AS.

baca juga: 3 Tahun Terakhir, YouTube Klaim Telah Membayarkan Ratusan Trilun Rupiah pada Kreator

Kedua tolok ukur harga minyak tersebut naik sekitar 7 persen selama seminggu setelah terdorong berita tentang potensi vaksin Covid-19 dari AstraZeneca dan lainnya. Namun, pertanyaan telah diajukan atas "vaksin untuk dunia" AstraZeneca. Beberapa ilmuwan berhati-hati atas hasil uji coba AstraZeneca.

"Sementara peluncuran vaksin yang berhasil akan memutuskan hubungan antara infeksi dan mobilitas, bahkan permintaan minyak global kemungkinan hanya akan mencapai tingkat pra-pandemi pada pertengahan 2022," kata JP Morgan.

baca juga: Sri Mulyani: APBN 2020 Telah Mampu Jaga Kontraksi Perekonomian Dampak Covid-19, 2021 Optimis

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya termasuk Rusia cenderung menunda peningkatan produksi minyak yang direncanakan tahun depan, kata tiga sumber yang dekat dengan kelompok OPEC+. OPEC+ berencana untuk meningkatkan produksi sebesar 2 juta barel per hari (bph) pada Januari sekitar 2 persen dari konsumsi global setelah rekor pemotongan pasokan tahun ini. Para menteri OPEC+ dijadwalkan bertemu mulai Senin.

"Kami mengulangi pandangan kami bahwa aliansi kemungkinan akan memilih untuk menunda keputusan pengurangan 2 juta barel per hari pada 30 November, dari 1 Januari hingga 1 April," kata JP Morgan.

baca juga: PermataBank Syariah Luncurkan PermataKPR iB Bebas untuk Kemudahan Memiliki Properti

Editor: Ramadhani