Awal Pekan Ini, Rupiah Bergerak Melemah

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Nilai tukar rupiah pada awal pekan ini bergerak melemah di level Rp 14.670 per dollar AS. Dilansir dari Bloomberg posisi tersebut melemah dibanding penutupan Jumat pekan kemarin yang berada di level Rp 14.697 per dollar AS.

Pada transaksi tadi pagi rupiah melemah dari pembukaan di level Rp 14.697 per dollar AS. Menurut Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra, pergerakan rupiah bakal dipengaruhi sentimen positif yang mendorong penguatan harga aset berisiko.

baca juga: Turun Cukup Drastis, Emas Batangan Dijual Rp 961 Ribu Per Gram

Ia melanjutkan, pasar merespon positif optimisme dari Nancy Pelosi bahwa stimulus fiskal AS bisa diluncurkan sebelum pemilu. Sentimen positif juga mungkin datang dari optimisme data PDB China kuartal ketiga akan lebih bagus dari data sebelumnya.

"Sentimen eksternal ini bisa membantu penguatan rupiah hari ini," ujar Ariston dalam riset hariannya, Senin (19/10/2020).

baca juga: Tahun Depan Diprediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Hanya 3 Persen

Sementara dari dalam negeri, tambah Ariston, kondisi yang masih terkendali pasca ketok palu Omnibus Law juga bisa memberi sentimen positif ke pasar.

Editor: Ramadhani