Kekhawatiran Pada Pandemi Terus Dorong Turunnya Harga Emas Dunia

ilustrasi: Emas
ilustrasi: Emas (net)

KLIKPOSITIF - Langkah investor mencari perlindungan dari kenaikan kasus virus corona dan ketidakpastian atas stimulus fiskal selanjutnya untuk membantu ekonomi AS membuat harga emas dunia terus turun. Harga emas dunia pada akhir pekan lalu merosot ke level terendahnya dalam 2 bulan terakhir.

Dilansir dari CNBC, Senin (28/9/2020) harga emas spot turun 0,2 persen menjadi 1.864,39 dolar AS per ounce, sementara emas berjangka AS turun 0,6 persen pada harga 1.866,30 dolar AS per ounce. Untuk minggu ini, emas turun sekitar 4,4 persen sejauh ini.

baca juga: Nissan Tutup Pabrik Mobil di Indonesia, Rizal Ramli: Kok Malah Kabur?

Seorang anggota parlemen mengatakan Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat AS sedang mengerjakan paket stimulus virus corona senilai 2,2 triliun dolar AS yang dapat divoting pada minggu depan.

Federal Reserve minggu ini berbicara tentang pentingnya lebih banyak stimulus fiskal di tengah kekhawatiran investor akan pukulan ekonomi dari pandemi virus corona. Emas berpotensi bergerak terbatas kata analis TD Securities yang mengatakan dalam sebuah catatan.

baca juga: Pertanyakan Tujuan Pemerintah, Epidemiolog UI: Semua Pabrik Vaksin Didatangi, Mau Buka Toko?

Logam lainnya seperti platinum turun tipis 0,1 persen menjadi 847,81 dolar AS sementara perak turun 0,8 persen menjadi 23,02 dolar AS per ounce.

Editor: Ramadhani