Mengenal Apa Itu Limit Pinjaman Online dan Fungsinya

Ilustrasi
Ilustrasi (Ist)
KLIKPOSITIF

--Tidak dipungkiri lagi bahwa, banyak masyarakat Indonesia yang sering menggunakan pinjaman, salah satunya pinjaman online. Dengan adanya pinjaman online, maka kebutuhan bagi orang yang sedang membutuhkan pinjaman jadi lebih mudah dan praktis. Biasanya pada masing-masing perusahaan online memiliki peraturannya masing-masing. Termasuk juga untuk peraturan limit pinjamannya.

Limit pinjaman sendiri merupakan besaran maksimal pinjaman, yang diajukan ke lembaga peminjaman. Besaran tersebut disesuaikan dengan yang diminta oleh nasabah. Bisa diterima oleh pihak peminjam, tapi bisa juga ditolak. Lalu, bagaimana caranya supaya Anda bisa mendapatkan limit yang besar? Mari simak di bawah ini!

baca juga: Nissan Tutup Pabrik Mobil di Indonesia, Rizal Ramli: Kok Malah Kabur?

1. Pilih Aplikasi Pinjaman Online yang Menyediakan Limit dalam Jumlah Besar

Pada setiap lembaga pinjaman, tentu memiliki jumlah limit yang berbeda-beda. Tapi jika Anda sedang membutuhkan pinjaman dalam jumlah yang tidak sedikit, hal yang perlu Anda lakukan adalah mencari pinjaman online yang bisa menawarkan Anda jumlah limit yang besar.

baca juga: Pertanyakan Tujuan Pemerintah, Epidemiolog UI: Semua Pabrik Vaksin Didatangi, Mau Buka Toko?

Misalnya saja jika kamu membutuhkan pinjaman sebesar 25 juta, pinjaman tersebut tidak akan Anda dapatkan dari lembaga pinjaman online yang hanya memiliki limit sebesar 1 juta saja.

2. Pilihlah yang Memiliki Persyaratan Gaji Lebih Rendah dari Penghasilan

baca juga: Pada 2022, Kemenperin Targetkan Substitusi Impor 35 Persen

Dalam hal pinjam-meminjam, tentu para lembaga pinjaman online memberikan persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon nasabahnya. Salah satunya adalah persyaratan tentang penghasilan Anda. Jika Anda memilih lembaga pinjaman online yang memiliki persyaratan gajinya setara atau lebih rendah dari penghasilan Anda, maka Anda bisa mendapatkan limit pinjaman dalam jumlah yang besar.

3. Gunakan Berkas Dokumen Atas Nama Anda Sendiri

baca juga: Facebook Berikan Bantuan untuk Usaha Kecil, Begini Cara Mendapatkannya

Berkas dokumen yang dikumpulkan juga dijadikan bahan pertimbangan oleh pihak lembaga pinjaman online. Perlu Anda pastikan bahwa semua dokumen yang Anda kumpulkan merupakan atas nama Anda sendiri. Misalnya STNK, KTP, dan lainnya, karena dengan menggunakan dokumen Anda sendiri, akan membuat reputasi Anda sebagai calon peminjam dikenal baik oleh pihak pinjaman online.

4. Pakailah Rekening Tabungan yang Menjadi Payroll

Adanya bukti penghasilan internet banking atau rekening koran, merupakan salah satu dokumen yang harus dipenuhi saat hendak melakukan pinjaman online. Anda bisa melampirkan tabungan yang menjadi payroll, serta terdapat transaksi pemasukan dan penarikan. Lebih bagus lagi jika masih memiliki saldo pada tabungan tersebut. Karena pihak peminjam tidak hanya melihat dari histori kreditnya saja, tapi mereka juga melihat history rekening tabungan juga.

5. Selalu Memastikan Keadaan Arus Kas Baik, Serta Terbebas dari Hutang

Terakhir, jangan pernah mengajukan limit yang punya angsuran lebih dari 30% pada penghasilan Anda per bulannya. Mengapa? Sebab jangan pernah memaksakan, karena justru nantinya akan menyusahkan diri kita sendiri. Serta masih ada kebutuhan primer maupun cash flow, yang harus dipenuhi ataupun dijaga besarannya! Hal ini juga berlaku bila Anda menginginkan limit besar, maka pastikanlah bahwa arus kas tak lebih besar pasak daripada tiang.

Jika beberapa syarat di atas bisa Anda lakukan, maka besar kemungkinan Anda akan mendapatkan limit yang besar pula. Limit pinjaman tersebut diterapkan untuk dapat membatasi para calon nasabahnya. Terkadang banyak peminjam yang meminjam uang dengan jumlah yang besar, tapi mereka tidak dapat menyanggupi pembayaran angsurannya.

Sebenarnya tidak masalah jika Anda mengajukan limit pinjaman dalam jumlah yang besar. Asalkan Anda bisa bertanggung jawab dan menyanggupi pembayaran angsurannya sampai lunas. Nah, salah satu rekomendasi aplikasi pinjaman online yang terbaik yang menawarkan layanan KTA cepat adalah Tunaiku. Review aplikasi Tunaiku juga sangat baik dan memuaskan, sehingga banyak dipilih oleh para kreditur.

Hal ini tentu wajar saja, sebab aplikasi pinjaman online yang satu ini memang sudah diakui legalitasnya, dan sudah pula terdaftar dalam OJK! Tentu bagi Anda yang sedang memerlukan, maka silahkan mendownload aplikasinya langsung, dan lihatlah pelayanan yang akan diberikan. Dengan review aplikasi Tunaiku yang baik serta legalitasnya yang telah terbukti, tidak heran jika aplikasi ini menjadi rekomendasi paling sesuai untuk para peminjam. (*)

Editor: Pundi F Akbar