Menperin Khawatir Virus Baru Akan Muncul dan Lebih Mematikan dari COVID-19

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang. (Suara.com)

KLIKPOSITIF - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang ternyata cukup khawatir dengan banyaknya penyakit-penyakit baru yang mulai bermunculan seperti pandemi Covid-19.

Kekhawatiran itu muncul karena penyakit ini ditakutkan akan menggangu hajat hidup orang banyak.

baca juga: Instruksi Pelarangan Pesta Nikah Diabaikan Warga, Pemkab Pessel : Camat dan Wali Nagari Harus Proaktif

"Jangan-jangan dalam waktu tidak terlalu lama setelah vaksin ditemukan, akan datang lagi virus-virus baru, penyakit-penyakit baru yang akan menyerang kita semua, menyerang dunia dan ini bisa saja akan lebih dahsyat dan mematikan dari Covid-19," kata Agus dalam sebuah diskusi yang diselenggarakan Indef, Selasa (4/8/2020).

Agus sebetulnya menyambut baik perkembangan penemuan vaksin Covid-19, namun disisi lain dirinya juga merasa was-was akan ada wabah lain yang melanda dunia.

baca juga: Begini Perkembangan Virus Corona di Bukittinggi, dari Awal Hingga Terjadi Penambahan Kasus Baru Tiap Hari

"Tapi menurut pandangan kami, yang sangat kami khawatirkan jangan-jangan dalam waktu tidak terlalu lama setelah vaksin ditemukan akan datang lagi virus baru," khawatir Agus.

Untuk itu kata dia, Indonesia pun harus mempersiapkan segala kemungkinan yang ada. Maka dari itu, industri kesehatan dalam negeri menurutnya harus bisa mandiri secara cepat.

baca juga: Kemenhub Bikin Aturan Bersepeda, Ada 7 Perangkat Wajib Sebelum Gowes di Jalanan

"Kita harus mewujudkan Indonesia sebagai negara mandiri di sektor kesehatan . Dalam konteks ini tentu ada dua hal yang jadi kepentingan perindustrian, yaitu membangun sektor industri farmasi dan industri alat kesehatan ini yang jadi pelajaran kita selanjutnya," pungkasnya.

Editor: Eko Fajri