Jelang Ramadan, Harga Sembako di Pasaman Masih Stabil

Jelang Ramadan, Harga Sembako di Pasaman Masih Stabil
Jelang Ramadan, Harga Sembako di Pasaman Masih Stabil (Net)

KLIKPOSITIF - Harga sejumlah kebutuhan pokok di Kabupaten Pasaman masih stabil dua pekan jelang Ramadan . Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tradisional, harga beras kualitas satu (pulau batu) dan kualitas dua (sokan) Rp.10.500 per kilo gram. Sementara beras kualitas tiga seperti IR-42 berada di kisaran Rp. 9.500 per kilo gram.

Sementara itu, harga daging sapi masih tetap sebesar Rp 120 ribu/ kg, sedangkan harga ayam sedikit mengalami kenaikan sebesar Rp 500 per kilogram dari harga sebelumnya Rp 21 ribu per kilo gram. Sedangkan harga ikan dan telur tidak mengalami kenaikan.

baca juga: Ramadan Usai, Ini Tips Tetap Sehat dari Pakar Gizi

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Pasmaan Bitner Aritonang mengatakan, harga kebutuhan pokok dan komoditi lainnya di Pasaman masih terbilang terjangkau. Harga masih stabil, meski ada kenaikan tapi belum terlalu signifikan.

"Kita optimis, selama Ramadan harga kebutuhan pokok dan komoditi lainnya tetap stabil. Meski ada kenaikan sejumlah harga, namun tidak akan terlalu mempengaruhi perekonomian masyarakat setempat," ujarnya, Kamis 19 Mei 2016.

baca juga: Banyak Makanan Manis Selama Lebaran, Ini Kiat Tetap Sehat

Ia mengatakan, dari data yang dihimpun pihaknya disejumlah pasar, baru harga gula pasir dan daging ayam yang mengalami kenaikan pada pekan ini.

"Gula pasir dalam negeri harga Rp16 ribu per kilogram, naik Rp 1000 per kilogram. Daging ayam potong dari Rp 21 ribu naik menjadi Rp 21.500 per kilo gram," sebutnya.

baca juga: Doa Akhir Ramadan yang Dibaca Rasulullah, Latin dan Maknanya

Sedangkan harga bawang merah turun sebesar Rp 6 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram dari Rp36 ribu/ kg. Sementara itu, Bawang putih dari Rp 35 ribu per kilogram turun menjadi Rp 34 ribu/kg, Tomat dari Rp 12 ribu/kg menjadi Rp 10 ribu/kg dan harga bawang bombay tetap di kisaran Rp20 ribu/kg.

"Sedangkan harga cabai yang biasa melonjak naik menjelang bulan Ramadan hingga saat ini masih belum mengalami perubahan," katanya.

baca juga: Meski Ditengah Pendemi COVID-19, Tradisi Malamang Sambut Lebaran di Pessel Tetap Bertahan

Harga cabai merah masih tetap pada kisaran Rp 30 ribu per kilo gram, cabai hijau Rp 20 ribu per kilo gram, dan cabe rawit dengan harga Rp 15 ribu per kilo gram.

[Man St Pambangun]

Penulis: Fitria Marlina