Bitcoin Capai Rekor Tertinggi dalam Perjalanan Menuju $ 20.000

Bitcoin mata uang virtual mencapai puncak
Bitcoin mata uang virtual mencapai puncak (Net)

KLIKPOSITIF - Bitcoin mata uang virtual mencapai puncak, Selasa, 12 Desember 2017, dimana dua hari setelah peluncuran futures berjangka pertama di bursa AS dan menjelang dimulainya kontrak berjangka lainnya minggu depan. Hal ini karena investor tumbuh optimis bahwa tanda $ 20.000 berada dalam jangkauan.

Pada hari Minggu (10/12), bursa derivatif berbasis di Chicago Cboe Global Markets meluncurkan futures bitcoin, yang memungkinkan investor mendapatkan eksposur terhadap mata uang melalui bursa yang besar dan teratur.

baca juga: Harga Emas Dunia Naik Lagi, Tertinggi dalam 2 Bulan

CME Group ( CME.O ) diperkirakan akan meluncurkan kontrak berjangka pada 17 Desember. "Kami akan melihat bitcoin muncul sebagai jaringan pembayaran," kata Trevor Koverko, chief executive officer Polymath, sebuah platform token sekuritas.

"Saat ini bitcoin digunakan sebagai aset spekulatif dan nilai simpan. Tapi sebagai solusi penskalaan, muncul utilitas bitcoin, yang meningkat secara dramatis seiring dengan harganya, "kata Koverko.

baca juga: Stok Melimpah, Harga Minyak Dunia Merosot Lagi

Bitcoin, kriptocurrency terbesar dan paling terkenal di dunia. Dikutip di $ 17.310 di bursa Bitstamp berbasis Luksemburg BTC = BTSP , naik 5,1 persen pada hari itu. Sebelumnya pada hari Selasa, bitcoin mencapai rekor tertinggi $ 17.428,42, mencatat kenaikan harga sekitar 20 kali lipat untuk tahun ini karena menarik jutaan investor baru.

Analisis teknis Reuters yang mengukur kenaikan dan penurunan harga perdagangan, yang dikenal sebagai gelombang, menunjukkan momentum bullish untuk bitcoin.

baca juga: Alami Kenaikan Tipis, Emas Batangan Dijual Rp 932 Ribu Per Gram

Analisis teknis menunjukkan perpanjangan gelombang, yang bisa berarti bahwa bitcoin dengan mudah akan melonjak di atas tingkat psikologis penting sebesar $ 20.000.

"Sungguh luar biasa bagaimana kembali pada bulan November $ 10.000 sepertinya target akhir tahun psikologis. Dengan momentum bullish yang menantang saat ini, mungkin tidak mengherankan jika bitcoin ditutup pada 2017 dengan harga $ 20.000," kata Lukman Otunuga, analis riset di FXTM.

baca juga: Pembukaan Pagi Ini, IHSG Kembali Anjlok

Kontrak berjangka bitcoin satu bulan yang baru diluncurkan di Cboe Futures Exchange sedikit hangat, dengan harga umumnya stabil dan volume sekitar sepertiga dari jumlah tersebut terlihat pada hari Senin. Kontrak berjangka Bitcoin yang jatuh tempo pada bulan Januari XBTF8 berada di $ 18.450, dengan hanya 1.416 kontrak diperdagangkan pada sore hari di New York, dibandingkan dengan 3.956 kontrak pada hari pertama.

"Volume perdagangan sangat besar kemarin karena harga bitcoin berfluktuasi dalam kisaran yang luas selama akhir pekan," kata Park Nok-sun, analis kripto di NH Investment and Securities di Seoul.

Penulis: Fitria Marlina