Pemprov Riau Diminta Gelar Operasi Pasar Jelang Ramadan

Pemprov Riau Diminta Gelar Operasi Pasar Jelang Ramadan
Pemprov Riau Diminta Gelar Operasi Pasar Jelang Ramadan (Net)

KLIKPOSITIF - Ketua Komisi B DPRD Provinsi Riau minta pemerintah setempat antisipasi kenaikan harga bahan pokok dengan menggelar operasi pasar jelang Ramadan .

"Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan , sekaligus disambung dengan perayaan Idul Fitri. Tentu kebutuhan masyarakat akan meningkat dalam berbagai hal," ujar Ketua Komisi B DPRD Riau, Marwan Yohanis, Rabu 11 Mei 2016.

baca juga: Ramadan Usai, Ini Tips Tetap Sehat dari Pakar Gizi

Ia meminta pemerintah mengantisipasi kenaikan harga Sembako dan ketersediaan stok barang sampai Idul Fitri nanti karena permintaan masyarakat akan jauh mengalami peningkatan.

Pihaknya juga meminta kepada pebisnis tidak mencari keuntungan pribadi dengan memanfaatkan momen ini. "Jangan mencari keuntungan pribadi dari momen ini," tambahnya.

baca juga: Banyak Makanan Manis Selama Lebaran, Ini Kiat Tetap Sehat

Ia juga minta pemerintah bersikap tegas terhadap pihak yang berusah menimbun barang sehingga harga naik. "Pemerintah dalam hal ini harus tegas untuk menindak pembisnis-pembisnis yang menimbun Sembako untuk membuat kelonjakan harga," tuturnya.

"Kalau ada kenaikannya masih dalam ring yang wajar, karena hukum pasar itu memang demikian. Semakin tinggi permintaan, tentu semakin tinggi juga harga. Akan tetapi harus ada batas minimal dan maksimal kenaikannya," tuturnya.

baca juga: Doa Akhir Ramadan yang Dibaca Rasulullah, Latin dan Maknanya

Menurutnya, Bulog dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) sangat berperan dalam membuat harga eceran tertinggi saat Ramadan nantinya. "Lalu, bagaimana mengantisipasi ketersediaan stok agar mencukupi untu masyarakat sampai Idul Fitri nanti," ujarnya.

[Fitria]

baca juga: Meski Ditengah Pendemi COVID-19, Tradisi Malamang Sambut Lebaran di Pessel Tetap Bertahan

Penulis: Fitria Marlina