Jelang Ramadan, Sejumlah Harga Bahan Pokok di Pasar Raya Solok Naik

Jelang Ramadan, Sejumlah Harga Bahan Pokok Naik di Pasar Raya Solok
Jelang Ramadan, Sejumlah Harga Bahan Pokok Naik di Pasar Raya Solok (http://cdn.bisnisukm.com/)

KLIKPOSITIF - Sejumlah harga bahan pokok di Pasar Raya Solok mengalami kenaikan jelang bulan Ramadan .

Dari pantauan KLIKPOSITIF , bahan pokok yang mengalami kenaikan yakni Gula pasir, Minyak Goreng, Cabe Merah, Bawang putih dan Bawang merah, dan Telur ayam ras.

baca juga: Ramadan Usai, Ini Tips Tetap Sehat dari Pakar Gizi

Kenaikan disebabkan karena kurangnya pasokan dan tingginya permintaan. "Kenaikan karena kurangnya pasokan," ungkap salah seorang pedagang Bobi (43), Selasa.

"Sebelumnya gula pasir hanya Rp13.000/kg namun hari ini naik menjadi Rp15.000. Sementara minyak goreng naik dari Rp24.000/kg menjadi Rp26.000/kg," ujarnya.

baca juga: Banyak Makanan Manis Selama Lebaran, Ini Kiat Tetap Sehat

Sementara itu, pedagang Sayur Rian (35) mengatakan cabe merah juga mengalami kenaikan dari Rp23.000/kg menjadi Rp26.000/kg. "Kenaikan ini juga diikuti oleh bawang merah yang sebelumnya Rp23.000/kg menjadi Rp25.000/kg. Sedangkan untuk bawang putih yang sebelumnya hanya Rp32.000/kg menjadi Rp35.000/kg," katanya.

Menurutnya, harga tersebut berpotensi untuk naik hingga bulan Ramadan . Hal ini disinyalir minimnya pasokan akibat dikirim keluar daerah. Sementara itu, untuk harga Telur yang sebelumnya hanya Rp36.000/kg naik menjadi Rp39.000/kg.

baca juga: Doa Akhir Ramadan yang Dibaca Rasulullah, Latin dan Maknanya

Namun ada juga sejumlah bahan pokok yang tidak mengalami kenaikan yakni tomat dan kentang yang tetap berada di kisaran Rp8.000/kg.

Disisi lain, para pembeli merasa berat dengan kenaikan itu. "Ini cukup memberatkan. Kalau bisa harganya tetap stabil," ungkap salah seorang pembeli Mardianti (35).

baca juga: Meski Ditengah Pendemi COVID-19, Tradisi Malamang Sambut Lebaran di Pessel Tetap Bertahan

[Afri]

Penulis: Fitria Marlina