Tingkatkan Ekspor, Kopi Ijen Indonesia Masuki Pasar Selandia Baru

Kopi Ijen asal Indonesia mulai dikenalkan di Selandia Baru
Kopi Ijen asal Indonesia mulai dikenalkan di Selandia Baru (Net)

KLIKPOSITIF - Kopi Ijen asal Indonesia mulai dikenalkan di Selandia Baru. Pengenalan ini untuk memasuki pasar dan memperkaya variasi kopi Indonesia di luar negeri. Kopi Ijen merupakan kopi Java Arabica asal daerah Gunung Ijen Banyuwangi, Jawa Timur.

"Kehadiran Kopi Ijen semakin memperkaya variasi kopi yang disajikan di kedai-kedai kopi Wellington yang dikenal sebagai ibu kota kopi di Selansia Baru," ungkap Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Jose Tavares.

baca juga: Anda Penikmat Kopi? Ini Hubungan Kopi dan Kolesterol yang Perlu Anda ketahui

Ia mengatakan, Selandia Baru dikenal memiliki standar tinggi dalam memilih kopi . Kopi yang memiliki kekhasan tertentu merupakan produk yang selalu dicari oleh produsen kopi di sini.

"Indonesia sangat beruntung dan berpotensi karena memiliki ragam specialty kopi yang banyak dari Aceh sampai Papua," papar Tavares.

baca juga: Benarkah Kopi Berpotensi Tingkatkan Kemampuan Berolahraga? Ini Kata Pakar

Selain itu, sejumlah pengusaha dari berbagai perusahaan kopi di Wellington hadir mendengarkan paparan mengenai kopi Java Arabika Ijen yang disampaikan oleh Adnan Assegaf dari perusahaan Djava Kopi .

Kegiatan promosi kopi itu diharapkan dapat meningkatkan ekspor Indonesia ke Selandia Baru. Ekspor kopi Indonesia ke Selandia Baru pada tahun 2015 rata-rata sebanyak 60 ton per bulan dengan nilai sekitar 350.000 dolar Selandia Barau. Kebutuhan kopi yang terus meningkat memberikan peluang peningkatan ekspor kopi Indonesia ke Selandia Baru.

baca juga: Campur Kopi dengan Bahan Ini Dapat Meningkatkan Resiko Buruk Bagi Kesehatan

[Fitria]

Penulis: Fitria Marlina