Jelang Akhir Tahun, Pemko Padang Pastikan Harga Pangan Stabil

" Saat ini Kota Padang terbilang memang masih memiliki ketergantungan pangan terhadap daerah-daerah tetangga"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Padang memastikan ketersediaan dan kestabilan harga pangan atau sembako menjelang akhir tahun 2019 tetap aman alias stabil.

"Untuk informasi mengenai ketersediaan pasokan ini yang terdiri dati beras, gula, cabai dan lain-lain akan diumumkan dalam waktu dekat oleh Bagian Perekonomian yang juga akan menghadirkan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Padang yang dipimpin oleh bapak Sekda. Semuanya lengkap dengan data-data yang memang diperlukan masyarakat nantinya," terang Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Padang Swesti Fanloni dalam kegiatan diseminasi informasi di Ruangan Padang Command Center (PCC) Balai Kota Padang.

Ia melanjutkan, saat ini Kota Padang terbilang memang masih memiliki ketergantungan pangan terhadap daerah-daerah tetangga.

"Hal ini dikarenakan, sebagaimana kita ketahui Kota Padang masih terkendala dari ketersediaan lahan, sehingga hal itu juga ikut mempengaruhi ketersediaan pasokan. Untuk itu, suplai pasokan dari daerah-daerah penyangga/produsen sangat mempengaruhi bagi kita di Kota Padang. Begitu juga terkait kelancaran distribusi, melalui koordinasi dan komunikasi yang efektif inilah yang menjadi kunci bagaimana pasokan pangan di Kota Padang dapat tersedia sesuai kebutuhan," jelasnya.

"Jadi kata kuncinya bagi kita adalah, bagaimana kita juga melakukan imbauan kepada seluruh masyarakat di Kota Padang terutama di skala rumah tangga, bahwa sekecil apapun pekarangan rumah kita mari kita manfaatkan untuk produksi pangan rumah tangga. Baik itu apakah beternak ikan, lele atau ayam dan lainnya pun bertani apa saja yang bisa kemudian membantu kebutuhan produk pangan rumah tangga sehari-harii," pungkasnya. (rilis)