Rektor UNP: Pengumuman Pemenang MEA II akan Dihadiri Wapres Jusuf Kalla

"Selasa besok kami umumkan. Pak Wapres dijadwalkan akan hadir untuk menyerahkan hadiah kepada para pemenang I, II dan III"
Rektor UNP Prof. Drs. Ganefri, M.Pd., Ph.D saat diwawancarai oleh wartawan terkait pengumuman pemenang MEA II tahun 2018/2019 (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemenang Minang Entrepreneurship Award (MEA) II tahun 2018/2019 akan diumumkan pada Selasa, 3 September 2019 di Universitas Negeri Padang (UNP. Bahkan, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dijadwalkan hadir untuk menyerahkan hadiah kepada para pemenang dengan total hadiah sebesar Rp300 juta.

"Selasa besok kami umumkan. Pak Wapres dijadwalkan akan hadir untuk menyerahkan hadiah kepada para pemenang I, II dan III," kata Rektor UNP Prof. Drs. Ganefri, M.Pd., Ph.D kepada wartawan saat jumpa pers persiapan pengumuman pemenang MEA II, di ruang rapat Rektor UNP, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Dijelaskannya, program MEA ini lahir atas inisiatif dan kesadaran kolektif dari Perguruan Tinggi Sumbar yang terdiri dari UNP, Universitas Andalas dan peguruan tinggi di bawah LLDikti Wilayah X.MEA merupakan kegiatan kompetensi berwirausaha yang bertujuan untuk mendorong para mahasiswa di Perguruan Tinggi untuk berani memulai dan memupuk jiwa wirausaha.

Melalui pengembangan karakter, pengetahuan, keterampilan serta pemanfaatan hasil riset dan teknologi di Perguruan Tinggi, mahasiswa diharapkan dapat menjadi wirausaha yang kreatif dan innovatif, sehingga dapat membuka banyak lapangan kerja di Indonesia.  

"Program MEA dibagi atas dua kategori kegiatawan wirausaha, yaitu star-up bisnis bagi yang baru mengembangkan ide/konsep/prototip usaha, dan eksisting-bisnis bagi mahasiswa yang sudah punya aktivitas usaha yang dibuktikan dengan adanya pendapatan (cash flow) badan usaha," ujarnya.

MEA ini sudah berlangsung sejak 2017 lalu. Pada tahun itu, sebanyak 6 PTN dan 13 PRS di Sumbar telah menjaring 216 proposal bisnis dengan rincian, proposal star-up bisnis sebanyak 99 proposal dan eksisting-bisnis sebanyak 45 proposal. Melalui desk-evaluasi, 36 usulan star-up dan 12 eksisting-bisnis dinilai dan diundang untuk presentasi.

Kemudian untuk MEA II, kompetisi berwirausaha itu tidak hanya diikuti ... Baca halaman selanjutnya