Ekspor Sumbar Turun 22,05 Persen di Tahun 2018

"Komoditas yang paling banyak diekspor pada golongan lemak & minyak hewan/nabati adalah Liquid fractions of refined palm oil, with iodine value 55 or more but less than 60, Crude palm oil dan Refined palm oil"
Kepala BPS Sumbar Suardi (KLIKPOSITIF/ Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Data dari Badan Pusat Statistik Sumatera Barat (BPS Sumbar), secara kumulatif ekspor Sumatera Barat Januari-Desember 2018 mencapai US$1.595,01 juta atau turun sebesar 22,05 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kepala BPS Sumbar Suardi menjelaskan, Selama periode Januari-Desember 2018 ekspor kenegara India memiliki peran yang terbesar terhadap total ekspor Sumatera Barat yaitu sebesar 27,51 persen. Selanjutnya ekspor ke Amerika Serikat memberikan peran sebesar 24,64 persen. Dengan demikian, selama Januari-Desember 2018 peran total ekspor ke dua negara tersebutsebesar 52,16 persen.

Ekspor nonmigas Sumatera Barat bulan Desember 2018 terjadi pada beberapa negara tujuan, nilai ekspor terbesar adalah ke negara Amerika Serikatsebesar US$27,53 juta,selanjutnya ke negara Bangladesh sebesar US$25,53 juta, dan ke negara Pakistan sebesar US$14,35 juta.

Komoditasnya dilanjutkan Suardi, berupa lemak, minyak hewan/nabati, karet dan barang dari karet, garam, belerang, kapur, berbagai produk kimia, bahan-bahan nabati, lak, getah, ikan, udang, daging dan Ikan olahan serta buah-buahan.

"Ekspor melalui jalur muat di pelabuhan Teluk Bayur," sebutnya, Kamis, 17 Januari 2019 di Padang.

Komoditas yang paling banyak diekspor pada golongan lemak & minyak hewan/nabati adalah Liquid fractions of refined palm oil, with iodine value 55 or more but less than 60, Crude palm oil dan Refined palm oil.
Selanjutnya pada golongan karet dan barang dari karet komoditas yang paling banyak diekspor adalah Technically Specified Natural Rubber (TSNR) 20, TSNR 10 dan TSNR CV. Kemudian pada golongan Garam, belerang, kapur yang terbanyak adalah komoditas Other cement clinkers dan Other Portland white cemen.

"Data ekspor dikumpulkan dari dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) yang diisi oleh Eksportir dan telah diberikan ijin muat oleh Kantor Pelayanan Bea dan Cukai. Selanjutnya melalui Bank ... Baca halaman selanjutnya