Harga Cabai Merah Naik, Padang dan Bukittinggi Inflasi

"Kota Padang mengalami inflasi sebesar 0,80 persen sedangkan Kota Bukittinggi mengalami inflasi sebesar 0,92 persen"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat mencatat, Kota Padang dan Bukittinggi mengalami inflasi pada bulan Oktober 2018. Salah satu komoditas penyumbang inflasi adalah cabai merah.

Menurut data, Kota Padang mengalami inflasi sebesar 0,80 persen sedangkan Kota Bukittinggi mengalami inflasi sebesar 0,92 persen.

BPS menjelaskan bahwa Inflasi di Kota Padang terjadi karena adanya kenaikan indeks pada semua kelompok pengeluaran, yang tertinggi terjadi pada kelompok pengeluaran bahan makanan sebesar 2,00 persen.

Lalu untuk inflasi kota Bukittinggi juga disebabkan adanya peningkatan indeks pada semua kelompok pengeluaran yang tertinggi terjadi pada kelompok pengeluaran bahan makanan sebesar 2,05 persen.

Laju inflasi tahun kalender sampai bulan Oktober 2018 Kota Padang dan Kota Bukittinggi masing-masing sebesar 2,19 persen dan 1,73 persen.

Sementara itu untuk laju inflasi year on year (Oktober 2018 terhadap Oktober 2017) Kota Padang sebesar 3,41 persen dan Kota Bukittinggi sebesar 2,43 persen.

Dari data tersebut, BPS merinci, deretan komoditas penyumbang inflasi di dua kota besar Sumatera Barat tersebut, yakni cabai merah, beras, bensin dan bahan bakar rumah tangga.

Sepanjang bulan Oktober 2018, pergerakan harga cabai merah cukup signifikan sehingga persentase perubahan harganya mencapai 16,10 persen di Kota Padang, dan berkontribusi 0,4145 dalam laju inflasi.

Di posisi kedua ada beras. Perubahan harga komoditas ini memiliki persentase perubahan harga mencapai 2,50 persen dengan kontribusi 0,1341 terhadap inflasi Padang.

Ketiga terdapat bensin. Bahan bakar untuk kendaraan bermotor ini menyumbang 0,0815 persen inflasi Padang dengan perubahan harga mencapai 1,94 persen.

Sedangkan untuk Kota Bukittinggi, perubahan harga cabai merah lebih tinggi dari Kota Padang, bahkan cenderung dua kali lipat dengan persentase mencapai 37,54 persen.

Komoditas ... Baca halaman selanjutnya