Pemerintah Bakal Alokasikan Modal Rp8 Miliar untuk 33 Bank Wakaf Mikro

"Modal tersebut agar mempermudah masyarakat untuk memperoleh akses keuangan"
Presiden Jokowi (Setkab)

EKONOMI, KLIKPOSITIF -- Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah telah mendirikan sebanyak 33 bank wakaf mikro di pondok pesantren di Indonesia.

Menurutnya, pendirian bank wakaf mikro ini merupakan respon pemerintah sulitnya mengakses pelayanan perbankan, sebab bagi dia, selain administrasinya rumit juga harus ada jaminan.

Jokowi menjelaskan, untuk operasionalnya, setiap bank wakaf ini akan diberikan modal oleh pemerintah sebesar Rp8 miliar.

Modal tersebut agar mempermudah masyarakat untuk memperoleh akses keuangan.

"Nanti ibu-ibu yang mau pinjam atau yang sudah pinjam, pertama itu Rp3 juta. Nanti kalau sudah mengangsur baik, bisa kembangkan lagi Rp1-3 juta. Kemudian kalau sudah diangsur, bagus, mau nambah Rp10 juta silahkan, mau nambah Rp15 juta silahkan," katanya.

Dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Jokowi menyebutkan bahwa dalam proses peminjaman di bank wakaf ini, masyarakat tidak perlu memberikan agunan.

"Kita harapkan nantinya kalau sudah gede, sudah ratusan atau sudah ribuan, ini akan di-holding-kan menjadi sebuah bank besar," sebut mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian.(*)