Wall Street Turun 2 Persen karena Khawatir Peningkatan Perang Dagang AS-China

"Hal itu memicu kekhawatiran yang meningkat atas perang perdagangan AS dengan China."
Saham AS turun sekitar 2 persen, Jumat (6/4) dengan Dow jatuh lebih dari 570 poin, karena ancaman tarif terbaru Presiden Donald Trump terhadap impor Cina. (Net)

KLIKPOSITIF - Saham AS turun sekitar 2 persen, Jumat (6/4) dengan Dow jatuh lebih dari 570 poin, karena ancaman tarif terbaru Presiden Donald Trump terhadap impor Cina. Hal itu memicu kekhawatiran yang meningkat atas perang perdagangan AS dengan China.

Saham-saham menambah kerugian dan mencapai posisi terendah sesi dalam perdagangan sore setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan, bank sentral AS kemungkinan akan perlu mempertahankan suku bunga menjaga inflasi terkendali dan mengatakan terlalu dini mengetahui apakah meningkatnya ketegangan perdagangan akan memukul Ekonomi AS.

Kekhawatiran perang dagang sejak Trump mengumumkan tarif pada impor baja dan aluminium lebih dari sebulan lalu. Hal itu membuat investor khawatir tentang langkah-langkah proteksionis yang akan memukul pertumbuhan ekonomi global.

“Ini adalah reaksi terhadap kekhawatiran tentang pendekatan administrasi untuk berdagang. Pasar telah terombang-ambing karena beberapa pihak mengasumsikan hal ini menjadi masalah serius,” kata Rick Meckler, presiden perusahaan investasi LibertyView Capital Management di Jersey City, New Jersey.

Dia dan yang lainnya mengatakan investor juga tampak mengurangi risiko menjelang akhir pekan. “Jika pasar turun sering cenderung berakselerasi. Investor tidak mau mengambil risiko di awal pekan nanti (Senin, 9/4) setelah terjadi sesuatu selama akhir pekan, ”kata Meckler.

Trump pada Kamis malam mengancam akan menaikkan lebih dari $ 100 miliar dalam tarif impor Cina, sementara Beijing mengatakan siap sepenuhnya untuk menanggapi dengan serangan balasan sengit.

Perusahaan-perusahaan AS yang lebih rentan terkena tekanan perdagangan dengan Cina termasuk di antara hambatan terbesar di Dow, termasuk Boeing turun 3,1 persen. Indeks industri S & P 500 .SPLRCI, turun 2,7 persen, memiliki kerugian terbesar di antara sektor-sektor, meskipun penjualan berbasis luas.

Pembuat chip, ... Baca halaman selanjutnya