SEC Katakan Dana Bitcoin Tingkatkan Isu Perlindungan Investor

"merinci kekhawatiran agen tersebut mengenai investasi perdagangan liar"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Regulator sekuritas AS menaikkan kekhawatiran tentang keamanan investasi bertema bitcoin. Hal itu diungkapkan kepada industri dana bahwa mereka menginginkan jawaban atas masalah mereka, sebelum mendukung lebih dari selusin produk yang diajukan berdasarkan kripto-kripto.

Kepala divisi utama di Komisi Sekuritas dan Bursa Efek AS merinci kekhawatiran agen tersebut mengenai investasi perdagangan liar. Dalam sebuah surat kepada dua kelompok perdagangan yang mewakili fund manager, yang mengeluarkan serangkaian proposal untuk dana yang memegang aset kecil atau aset terkait.

Divisi manajemen investasi SEC meminta jawaban atas 31 pertanyaan rinci tentang bagaimana reksa dana atau dana yang diperdagangkan berdasarkan dana bitcoin yang menyimpan, melindungi, dan harga aset itu.

Mereka juga bertanya apakah investor dapat memahami risikonya dan bagaimana mengatasi kekhawatiran bahwa pasar bitcoin dapat dimanipulasi.

"Ada sejumlah isu perlindungan investor yang signifikan yang perlu diperiksa sebelum sponsor mulai menawarkan dana tersebut kepada investor," kata surat yang ditandatangani oleh Dalia Blass, direktur divisi manajemen investasi SEC.

Dilansir dari laman reuters, lonjakan 1.500 persen Bitcoin tahun lalu memicu permintaan investor untuk produk apa pun yang terpapar aset merah-panas. Sejumlah perusahaan berdesak-desakan meluncurkan dana yang diperdagangkan di bursa yang akan membuka kripto ke pasar ritel yang luas.

SEC pada bulan Maret menolak permintaan membuat daftar ETF dari investor Cameron dan Tyler Winklevoss, yang merupakan pemilik pertukaran bitcoin Gemini.

Dana Winklevoss berusaha berinvestasi secara langsung di bitcoin. Perusahaan dana lainnya mempertaruhkan harapan mereka pada kontrak berjangka bitcoin yang baru diluncurkan terdaftar di AS.